Friday, November 23, 2018

Gebyar Bahasa dan Sastra SMA 68 Jakarta

"Melalui Bahasa Gali Potensi Literasi dan Raih Prestasi"  disampaikan secara lantang dan penuh semangat oleh  Rizki Aji (XI IPS 1) dan Luh Natya (XI IPA) sebagai tema Gebyar Bahasa dan Sastra SMAN 68 Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 November 2018. Dengan busana abang dan none serta dialog keceriaannya, mereka mampu menyugesti para penonton untuk terus mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

Pembawa Acara Gebyar Bahasa dan sastra 68
Acara ini diketuai oleh Dra. Anna Bluean Silaen (guru Bahasa Indonesia) atas arahan Kepala SMAN 68, Dra. Adwiana Hardiyanti, M.Pd beserta para wakasek yaitu bidang Humas,  Dra. Widiartinny, bidang kesiswaan Anwar Farid, M.Pd dan bidang kurikulum Drs. Tolib, M.M. Kegebyaran acara ini didukung atas partisipasi aktif dari semua warga sekolah seperti para guru dan karyawan serta para peserta didik dan tentunya para orang tua.

Pembukaan Acara Gebyar Bahasa dan Sastra SMAN 68 Jakarta Tahun 2018
Pembiasaan literasi 68 telah dibuktikan outputnya pada kegiatan ini. Semua kelas dengan koordinasi para wali kelas mempersiapkan duta kelasnya untuk menampilkan aksi terbaiknya saat lomba. Berbagai persiapan dilakukan walaupun disaat yang sama mereke memiliki tugas belajar yang cukup padat menjelang akhir semester ganjil ini.  Terlihat begitu hebatnya para peserta didik 68,mereka mampu memanage keseimbangan otaknya seperti yang disampaikan oleh Bpk.Tolib saat membuka acara tersebut bahwa para peserta didik harus mampu menyeimbangkan potensi otak kiri dan kanannya. Kesuksesan seseorang bukan karena kemampuan IQnya yang tinggi tetapi juga sangat didukung oleh  kemampuan EQ (emotional Quotient)  dan SQ (Spritual Quotient). Salah satunya  adalah melalui acara Gebyar Bahasa dan Sastra ini.
Berbagai lomba dan kreasi para peserta didik tampil pada ajang ini baik yang bersifat individual maupun perkelas seperti:
  1. Lomba Cipta Puisi
  2. Lomba Baca Puisi
  3. Lomba Cerpen Digital
  4. Lomba Monolog
  5. Lomba Short Movie
  6. Lomba Pohon Literasi
  7. Lomba Design Poster Digital
  8. Lomba Debat Bahasa Indonesia
  9. Lomba Debat Bahasa Inggris                  
Aksi Lomba Para Peserta Gebyar Bahasa dan sastra
Dari dua lomba debat diambil dua pemenang sebagai:
1.Key Speaker Debat Bahasa Indonesia
2. Key Speaker Debat Bahasa Inggris

Dalam rangkaian acara gebyar ini juga panitia menghadirkan sosok muda yang sukses menjadi Duta Bahasa 2018. Semangat berbahasa nampak nyata dalam acara dialog tersebut. Satu kalimat yang dapat digaris bawahi bahwa pentingnya berbahasa dapat membangun komunikasi menuju Kesuksesan.
Dialog Duta Bahasa dengan Gibran kelas X IPA 3

Suasana panggung gebyar semakin meriah dengan tampilan kreasi peserta didik 68 yang memiliki prestasi ekskul yang luar biasa diantaranya menampilkan palang pintu oleh Ekskul pencak silat, vokal grup dari ekskul tosla, tari kreasi oleh ekskul Tari Tradisional, dance oleh Ekskul Tari Modern dan juga penampilan vokal grup bahasa Perancis.

Aksi Kreasi Ekskul 68

Dipenghujung penutupan acara, tibalah saat-saat yang mendebarkan yaitu pengumuman pemenang lomba. Proses penilaian dilakukan oleh tiga orang juri pada setiap lomba untuk menentukan 6 pemenang yaitu Juara I, II dan III serta Harapan I,II dan III. Terlihat sangat sulit para juri dalam memberikan nilai karena hampir semua peserta lomba menampilkan aksinya secara maksimal. Oleh karena itu seyogyanya semua para peserta lomba adalah "Sang Juara Literasi" karena telah berani menunjukkan potensinya untuk dinilai menjadi pemenang.

Salam Literasi Para Guru dan Sang Juara 1 

Demikianlah rangkaian acara Gebyar Bahasa dan Sastra SMAN 68 Jakarta yang telah berhasil menggali potensi literasi dan prestasi para peserta didik. Semoga para pemenang lomba dapat terus meraih prestasi terbaiknya ke tingkat nasional dan internasional. 
Ucapan Selamat dan Sukses kepada Semua panitia Pelaksana Gebyar Bahasa dan Sastra SMAN 68 Jakarta Tahun 2018.  Untuk semua peserta didik SMAN 68 Jakarta, ayo siapkan potensi literasi terbaikmu pada acara Gebyar Bahasa dan Sastra Tahun 2019. Inshaa Allah, Kami tunggu Aksi Luar Biasamu di tahun Mendatang. 
Salam Literasi...





No comments:

Post a Comment